RUMAH SUM SUM : THE ONE AND ONLY IN BOGOR

/
0 Comments

Rumah Sum Sum merupakan salah satu wisata kuliner yang cukup populer di kota Bogor. Pendiri dari Rumah Sum Sum ini adalah Bapak Riki Febrian. Rumah Sum Sum didirikan pada tanggal 9 April 2009. Pada awalnya, Pak Riki terinsiprasi untuk membuat makanan yang unik dan berbeda di kota Bogor. Kemudian Pak Riki memperoleh ide untuk membuat suatu makanan yang berbahan dasar sum sum tulang kaki sapi, yang belum ada di kota Bogor sebelumnya. Beliau mencoba menuangkan idenya dengan membuat olahan dari tulang kaki sapi, yaitu sop sum sum sapi dan kini ada beberapa menu lainnya yang berbahan dasar sum sum tulang sapi dan sum sum tulang belakang.



Rumah Sum Sum buka setiap hari Selasa-Minggu mulai dari pukul 10.00 – 19.00, kecuali pada hari Sabtu dibuka sampai dengan pukul 21.00. Yang menjadi daya tarik dari Rumah Sum Sum ini adalah tempat makan satu-satunya di kota Bogor yang menjual sop sum sum dan berbagai aneka ragam makanan berbahan dasar sum sum. Lokasi dari Rumah Sum Sum ini terletak di Jl. Lawang Gintung No. 21, Bogor Barat yang merupakan jalur wisata, salah satunya ke The Jungle. Kisaran harga makanan yang dijual yaitu Rp 26.000 – Rp 68.000. Kapasitas dari tempat makan ini yaitu untuk 58 orang. Biasanya, Rumah Sum Sum dipadati pengunjung saat jam makan siang dan makan sore, terutama saat akhir pekan. Jumlah pengunjung dapat mencapai 100 orang di akhir pekan, sedangakan untuk hari biasa sekitar 25-30 orang.

Saat saya berkunjung ke Rumah Sum Sum, saya menemui seorang ibu muda dan temannya sedang berbincang-bincang sambil berfoto-foto dengan sop sum sum yang ada di depannya. Ia adalah Ibu Erin (ibu rumah tangga, 40 tahun) yang berasal dari Depok. Ibu Erin baru mengunjungi Rumah Sum Sum untuk yang pertama kalinya. Hal yang membuat Ibu Erin tertarik untuk mencoba rumah makan ini yaitu karena adanya liputan wisata kuliner di televisi  mengenai Rumah Sum Sum. “Menunya menarik, ngebayangin sum sum nya itu lho… Kalo tempatnya si standar.” Ujar Ibu Erin saat ditanya mengenai harapannya saat berkunjung ke Rumah Sum Sum. “ Tempatnya enak, makanannya enak, jadi uda klop. Puas, yang saya rasakan sesuai, yang sudah dibayangkan dari kemarin ternyata ya enak. Saran buat parkiran agak diperluas supaya orang masuk tuh enak. “ ungkap Ibu Erin saat ditanya pengalamannya berkunjung ke Rumah Sum Sum. Ia puas dengan apa yang disajikan oleh rumah makan ini, akan tetapi ia memiliki saran agar Rumah Sum Sum memperluas tempat parkir yang ada untuk mempermudah konsumen dalam memarkirkan mobilnya.



Rian Priatna, penanggungjawab Rumah Sum Sum








You may also like

No comments: